Monday, June 11, 2018

Mengenal Jenis-Jenis Domino: Domino China


Referensi pertama dari domino di Cina berasal dari 1120 AD, sementara penemua domino Cina dilaporkan oleh pengunjung Barat ke Timur Jauh selama masa Renaissance. Mereka masih sangat populer di banyak negara Asia hingga hari ini.  Domino Cina muncul, dan dimainkan, dengan cara yang sangat berbeda dengan domino Barat. Ada 32 tiles individu dalam satu set dan setiap tiles akan tampak lebih panjang / lebih sempit daripada tiles domino ganda persegi Barat, karena dibuat dalam proporsi lebar / tinggi yang berbeda, sehingga mereka dapat dengan mudah dipegang di tangan pemain seperti saat bermain kartu.

Ukurannya bervariasi tetapi ukuran tiles biasanya sekitar 1 inci untuk lebar dan 2,5 inci untuk panjangnya. Mereka tidak akan memiliki spinner (pin logam bundar di tengah), seperti beberapa set domino Barat, yang akan membuatnya sulit untuk menumpuknya. Dalam permainan domino Cina, pemain menggambar tiles dari deretan tumpukan tiles yang ditumpukkan di atas satu sama lain ke set tinggi yang berbeda tergantung pada permainan. 

tiles juga tidak memiliki garis pemisah sentral yang memisahkan titik-titik di kedua ujungnya, tetapi sebaliknya akan memiliki dua nilai yang dipisahkan oleh jarak atau mengelompok dalam kelompok atau berwarna berbeda. Jumlah total titik di tiles paling penting di sebagian besar permainan domino Cina, di mana seperti pada mayoritas permainan domino Barat, nilai setelan yang terlihat di kedua ujungnya adalah yang paling penting, jadi ujung domino99 Cina tidak sangat mudah diidentifikasi seperti mitra Barat mereka.

32 tiles di set domino Cina dibagi menjadi dua setelan berbeda: Sipil dan Militer. Tidak ada cara yang jelas dan sederhana untuk mengetahui ubin mana yang sesuai, dan pemain harus mengingat ubin mana yang termasuk dalam pakaian Sipil atau Militer.  Tiles 22 Sipil peringkat dan diberi nama sesuai dengan signifikansi budaya Cina kuno. 10 tiles Militer diberi peringkat dan diberi nama sesuai dengan jumlah total titik pada kedua ujungnya.

Gambar di atas mengilustrasikan satu set domino99 Cina dan menunjukkan dua kelompok setelan dan nama-nama tiles individual. Perhatikan bahwa setelan Militer sebagian besar terdiri dari pasangan tiles (dikenal sebagai pasangan campuran) dengan jumlah titik yang sama kecuali untuk 6 dan 3 yang sering dipasangkan bersama dan dapat membentuk pakaian terpisah mereka sendiri yang dikenal sebagai Supreme.

No comments:

Post a Comment